Sabtu, 16 Februari 2013

Backlink - Blogwalking - Silaturahmi Antar Blogger

Apa kabarnya professor..? Pasti Luar Biasa bukan. Kembali lagi dengan eksperimen Blog Frinendly SEO kita, kali ini saya akan membahas tentang "Backlink, Blogwalking, dan silaturahmi antar blogger" berikut pengaruhnya dengan Blog Friendly SEO.


1. Backlink adalah  Sebuah link dari blog atau website lain yang mengarah pada blog kita. Backlink dapat ditinggalkan oleh sang pemilik blog atau website untuk tujuan mereka (biasanya digunakan untuk memperkuat sebuah teori) mupun dapat kita tinggalkan melalui blogwalking (berkomentar pada blog atau website orang).

Backlink dapat memiliki banyak fungsi tergantung penggunaanya, berikut adalah beberap fungsi yang telah saya himpun melalui sebuah eksperimen pribadi maupun dengan membaca dari beberapa sumber terpercaya :
  • Untuk memperkuat sebuah teori
    Biasanya sebuah artikel membutuhkan dukungan dari artikel lain agar kepercayaan dan kekuatan dari teori atau artikel tersebut semakin kuat.
  • Untuk memudahkan pembaca (visitor)
    Dengan adanya backlink yang relevan maka visitor blog kita akan semakin mudah untuk mendapatkan semua informasi / data yang mereka inginkan.
  • Untuk meningkatkan trafik
    Semakin banyak backlink yang kita sebar maka kemungkinan pengunjung menemukan blog kita semakin tinggi, dengan begitu visitor di blog atau website kita juga akan semakin meningkat.
  • Untuk meninggikan pagerank
    Sebuah teori mengatakan bahwa pagerank google sangat ditentukan oleh jumlah backlink menuju blog atau website kita. Teori yang lainnya mendukung dengan mengatakan "semakin banyak backlink yang kita dapatkan semakin mempermudah search engine menemukan blog kita, dengan begitu semakin tinggi juga ranking kita dimata search engine (dalam hal ini Google)".

2. Blogwalking adalah sebuah kegiatan jalan-jalan, bermain, dan berkomentar pada sebuah blog atau website untuk tujuan tertentu.
Blogwalking adalah kegiatan paling positif untuk meningkatkan pengunjung di blog atau website yang kita kelola, karena sebagian blogger menyatakan bahwa apabila kita mengomentari sebuah artikel pada blog atau website yang dikelola orang lain maka sang pemilik blog dan kawan-kawannya akan melakukan kunjungan balik ke blog atau website kita. Bayangkan apabila kita berkomentar pada 10 blog dalam sehari maka kemungkinan blog kita akan mendapatkan sekita 20 buah kunjungan balik (tergantung apakah blog / website yang kita komentari adalah blog / website aktif ataukah sudah terbengkalai / tidak terurus).

Menurut fungsinya blogwalking dilakukan untuk beberapa tujuan, diantaranya adalah :
  • Mendapatkan ilmu / informasi
  • Menempatkan backlink
  • Mempererat silaturahmi dengan blogger lain
  • Mengapresiasi sebuah artikel menarik / bermanfaat, dll


3. Mempererat tali silaturhami dengan para blogger.
Semakin sering kita blogwalking dan semakin banyak backlink yang kita sebar maka blog atau website yang kita kelola juga akan semakin dikenal dalam kalangan blogger lain. Dengan mempererat silaturahmi dengan para blogger lain disegala penjuru dunia ini, maka ilmu dan teman yang akan kita dapatkan semakin banyak.

Memperetat tali silaturahmi antar blogger dapat dilakukan dengan beragam cara, antara lain seperti dibawah ini :
  • Blogwalking
  • Mengikuti dan aktif pada sebuah forum
  • Tanya - Jawab
  • Tidak mengabaikan komentar yang ada di blog / website kita, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian artikel saya mengenai "Backlink, Blogwalking, dan Mempererat tali silaturahmi antar blogger", apabila ada kekurangan maupun ingin menambahkan kritik dan saran dapat kalian postkan melaui kolom komentar dibawah ini.
Terimakasih, salam sukses dari blogger pemula yang sering berekperimen gak jelas ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar